Kesempurnaan Yang Terlahir dari Ketidaksempurnaan


Hee Ah LeeBerbagai media baik tulis ataupun televisi sudah banyak menampilkan sosok Hee Ah Lee adalah seseorang pianis yang terlahir dari ketidaksempurnaan, pianis asal Korea yang terlahir cacat fisik dan mental (menderita down syndrome). Namun baru kali ini penulis mencoba mengumpulkan dan membaca beberapa artikel yang mengangkat sosok Hee Ah Lee. Betapa tidak, fisiknya jauh dari ukuran normal. Tangannya hanya punya empat jari berbentuk capit, sedangkan kakinya pun pendek sebatas ukuran lutut. Orang pasti akan kasihan melihat sosok wanita kelahiran Korea 22 tahun lalu ini. Namun dibalik ketidaksempurnaan tersebut terlahir not-not yang berbaris manis menghentak dan menyentak segenap mata yang memandang takjub. Nada-nada sulit musik klasik karya komponis kenamaan seperti Chopin, Beethoven, Mozart, mengalun manis.
Ah Lee terlahir dari seorang ibu bernama Woo Kap Sun. Ibunya itu juga yang kemudian dengan kesabaran ekstra mengajari Hee bermain piano sejak usia enam tahun. Kerja keras, keuletan Ah Lee dan gabungan cinta kasih dari seorang ibu berubah menjadi kekuatan yang mampu mengubah kekurangan dan keterbatasan menjadi kelebihan yang luar biasa. Dengan kemampuan yang diperoleh dari ketekunan dan keuletan berlatih itu, Hee kini telah berkeliling dunia. Ia menginspirasi orang dengan keyakinan bahwa tidak ada hal yang tak mungkin di dunia ini jika kita mau bekerja keras dan sungguh-sungguh berusaha mewujudkannya. Kini, sederet penghargaan atas keterampilan bermain piano telah diterimanya. Ia juga telah mempunyai album musik sendiri berjudul Hee-ah, Pianist with Four Finger.

Dibalik itu semua, tamparan cukup keras bagi muka kita, bagaimana kita yang terlahir sempurna yang masih belum mampu berkarya baik bagi diri sendiri, maupun orang lain. Saat ini kita hanya lebih sering menuntut dan menuntut. Tidak malukah kita?

One thought on “Kesempurnaan Yang Terlahir dari Ketidaksempurnaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s