“…..Dont !!!


dilarang

Siang begitu panas, dan kebetulan bensin mesin kelotok sudah hampir habis. Kebetulan ada pom bensin bayangan. Ya di pinggir sungai hanya warung-warung inilah yang menjajakan bensin, tanpa kehadiran mereka bisa repot kawan-kawan supir kelotok atau speed boat.

Satu hal yang tak lupa aku abadikan adalah sebuah tulisan pada selembar papan yang menolak keras adanya penangkapan terhadap bibit ikan toman. Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya. Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atau Malabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes. Toman tergolong kepada ikan buas, yakni predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan-hewan lain seperti serangga dan kodok yang berada di lingkungannya. Ikan toman merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari. Dagingnya yang putih lembut menjadikan toman sebagai salah satu favorit untuk ikan bakar, digulai atau dimasak sup. Toman juga kerap diasinkan dan dijual ke Jawa sebagai ‘ikan gabus’ asin.

Maraknya penangkapan ikan toman membuat khawatir terhadap keseimbangan alam, oleh karena itu para nelayan setempat sangat khawatir apabila bibit-bibit yang masih kecil juga ikut tertangkap.

Yach itu menunjukkan kalo kita menghargai alam, maka alam pun akan menghargai kita. Semuanya akan ada timpal balik…Sopo sing nandur manen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s