Tumbang Lahang…


DSC_0073

Walau matahari sudah tepat diatas kepala namun hawa dingin di Desa Tumbang Lahang, Kabupaten Katingan belum mampu untuk menunjukkan keperkasaannya, karena pohon-pohon yang memang sengaja dijaga dan dipertahankan oleh penduduk sekitar.

Dengan tak lupa lensa yang selalu menempel manis di tas punggungku aku berjalan menyusuri Sungai Katingan ini, perhatianku terpusat pada benda berwarna putih yang mengapung.

Ketika sudah dalam jarak cukup dekat baru aku sadar bahwa benda tersebut adalah karet.

Karet komoditas yang paling favorit untuk diusahakan oleh masyarakat di desa ini. Namun demikian tidak semua masyarakat mampu mengusahakannya.

Harga jual, konflik lahan, konflik sosial, penyelewengan bibit unggul dan lain sebagainya. mewarnai lika-liku sendiri bagi komoditas ini. Namun demikian, komoditas ini ibarat emas sehingga banyak pihak ingin memilikinya apapun resikonya.

Lahang24

2 thoughts on “Tumbang Lahang…

  1. oksas says:

    kalau bisa lebih perbanyak gambar/foto keadaan dkampung yg dibahas biar yg buka situs lebih bisa membayangkan gmn keadaan kampung tersebut.

    • elang114 says:

      Terima kasih atas masukan Bapak. SAngat menjadi perhatian saya untuk terus maju dan berkembang. Sekali lagi terima kasih, masukan yang lain sangat saya tunggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s