Wisata Alam Kalimantan Tengah


Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah 153.564 kilometer persegi, memiliki potensi sumber daya alam untuk sektor pariwisata sangat melimpah ruah. Sebab, dari seluruh wilayah tersebut terdapat 126.200 kilometer persegi atau sekitar 82,1 persen merupakan rawa seluas 18.115 kilometer persegi atau 11,8 persen, untuk sungai, danau dan genangan seluas 4.563 kilometer persegi atau 3 persen dan tanah lainnya seluas 4.868 kilometer persegi atau 3.1 persen.

Dengan begitu luasnya hutan belantara, maka potensi wisata alam di Kalimantan Tengah sangat besar sekali. Apalagi Provinsi Kalteng yang terdiri dari 13 Kabupaten dan satu kota ini dilengkapi dengan keberadaan 11 sungai besar yang panjangnya antara 175 kilometer hingga mencapai 900 kilometer. Hampir semua kabupaten memiliki potensi wisata alam yang terdiri hutan, rawa, sungai, pantai dan sebagainya.

Di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terdapat Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), kemudian daerah dengan Motto “Marunting Batu Aji” ini juga memiliki pantai yang cukup indah yang panjangnya lebih dari 200 kilometer. Kemudian Taman Nasional Sabangau di Kabupaten Pulang Pisau.

Di Kota Palangka Raya terdapat obyek wisata alam susur sungai Kahayan, Bukit Tangkiling, Danau Tahai dan Arboretum. Di Kabupaten Gunung Mas terdapat objek wisata alam air tejun Batu Mahasur di Kuala Kurun, Batu Suli di tepian sungai Kahayan. Di Kabupaten Kotawaringin Timur terdapat Pantai Ujung Pandaran, Riam Sandung, Pulau Lepeh serta susur Sungai Mentaya.
Di Kabupaten Murung Raya terdapat objek wisata Gunung Kolompai, Gunung Konut, Gunung Danau Usung, Gunung Bondang, serta Gunung Tunjuk. Selanjutnya juga ada arung jeram, Air Tejun Sampulan, Air Terjun Bumbun.
Di Kabupaten Barito Selatan terdapat obyek wisata alam Liang Ayah yang tedapat di dalam sebuah gua, di Barito Timur terdapat Liang Saragih juga dalam sebuah Goa. Sedangkan wisata alam di Barito Utara terdapat sebuah cagar alam berupa hutan lindung, di Kabupaten Lamandau banyak terdapat wisata alam berupa batu-batu riam di tengah sungai sehingga daerah ini sangat menarik untuk dijadikan tempat kegiatan Arung Jeram terutama di Riam Keladu.

Berbagai objek wisata alam di Kalteng ini, potensinya memang sangat banyak dan sangat menarik, tidak jarang objek wisata ini sangat menarik minat wisatawan mancanegara (turis asing). Meski demikian, berbagai potensi wisata alam tersebut belum semuanya tergarap secara maksimal karena keterbatasan dana dari Pemerintah setempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s