Iwan Fals Tanam Pohon Kebaikan


Musikus Virgiawan Listanto alias Iwan Fals tampil sebagai artis mendukung tanam pohon trembesi untuk kebaikan di kawasan Pondok Pesantren Darul Ullum, Cigombong, Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Iwan yang kini kerap tampil dalam kegiatan lingkungan menyatakan, sangat bersyukur terlibat dalam kegiatan penanaman pohon di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut Iwan, menanam pohon adalah kegiatan mulia, karena masalah pohon adalah masalah kehidupan.

Ia mengatakan, sebagai seorang bapak yang masih memiliki anak kecil usia delapan tahun, menjadikan kewajibannya untuk menciptakan masa depan anaknya yang baik dengan lingkungan yang ramah.

“Ini kegiatan mulia, masalah pohon adalah masalah kehidupan, sebagai seorang bapak dengan anak yang masih kecil, mendapatkan oksigen yang bagus dari lingkungan yang ramah. Sehingga anak-anak saya bisa memancangkan cita-citanya dengan gagah, dan tidak bingung melihat kehidupan yang semrawut,” katanya.

Ia mengemukakan hal itu disela-sela acara penanaman Pohon Trembesi bersama Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan dan Danrem 061/Surya Kencana, Kol Inf Doni Monardo.

Penyanyi Balada kelahiran Jakarta, 3 September 1961, itu menyatakan dirinya akan konsen untuk menyuarakan lingkungan, ia pun kini sibuk melakukan penanaman pohon disejumlah daerah.

Iwan mengatakan, sampai saat ini ia telah menanam hingga 26 ribu pohon yang dilakukan di 24 pesantren di Jawa bersama-sama dengan Djarum Treess For Life, dan ia juga melakukan penanaman bersama-sama fansnya Iwan Fals yang disebut OI sebanyak 2.000 pohon.

“Penanaman pohon tetap jalan terus, kita bersama-sama teman-teman OI juga melakukan penanaman, belum lama ini ada dua pohon tetap kita tanam,” katanya.

Menanam pohon, kata Iwan, juga penting sebagai ladang amal, namun yang terpenting dari penanaman tersebut adalah menjaga dan merawat pohon yang ditanam. Untuk bisa melakukan hal itu diperlukan kesabaran penuh.

“Kita harus sabar, dan yakin bahwa pohon adalah warisan dari syurga. Karena setiap daun pohon itu berzikir dan pohon-pohon juga harus dijaga, tidak hanya perempuan dan anak saja yang dijaga,” katanya.

Selain peduli terhadap lingkungan, Iwan mengatakan dirinya juga memiliki kepedulian bidang olahraga dan Agama. Menurutnya rasa menyukuri harus ditingkatkan.

Perhatiannya terhadap lingkungan juga telah mendorong Iwan menciptakan lagu tentang hutan, dengan judul Tanam Pohon dan Hutanku yang telah diluncurkan pada Februari 2010 dalam Album Keseimbangan.
Sumber : Antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s