Hidup Ini Anugerah


Malam semakin larut, namun perbincanganku dengan seorang kawan belum menunjukkan titik jenuh. Lama tidak pernah bercerita dan berbagi pengalaman dengan kawan.

Kawanku memang mantan jebolan sekolah tinggi filsafat teologi, jadi banyak hal mengenai pengalaman hidup mampu dia utarakan dengan sangat menarik.

Salah satu hal yang menarik dari perbincangan semalam adalah mengenai menjadikan Hidup itu Berkualitas. Sering hal sepele, yaitu berjalan yang telah menjadi rutinitas kita, kita ga sadar. Jalan tinggal melangkah kaki. Sudah. Kita ga sadar. Begitu pula berkata-kata, dan hal lainnya.

Perbincangan terus berlanjut hingga pukul 11.35 pm. Kini berganti dengan pengalaman hidupnya.

Begitu banyak cobaan yang menimpa hidup dan keluarganya, dia sangat tenang, seolah bukanlah suatu beban. Yang Di Atas takkan pernah diam dan tidak instan. Tuhan itu ada dan akan selalu ada setiap saat dalam hidup kita. Cobaan adalah sebuah proses pendewasaaan diri, tinggal bagaimana kita menyikapi.

Puffff…begitu enaknya dia bercerita dan menyikapi hidupnya. Aku sendiri merasa ketika tidak punya uang, pikiran sudah pusingnya bukan main, emosi tidak terkontrol semua menjadi serba salah.

“Wan”, katanya. “Beda orang dengan kemampuan ekonomi rendah dengan orang pintar apa?”, tanyanya. Dia menyambung pertanyaannya dengan jawabannya sendiri, karna aku menggeleng tidak tahu.

Orang pintar selalu bingung, karena terus berputar otak, sehingga waktu berjalan seperti bom waktu, dan nilai kehidupan berjalan sia-sia. Namun orang dengan kemampuan ekonomi rendah tidak pernah bingung, apa yang ada di hadapan mata, ya itu yang dimakan.

Bener juga, apa katanya…

So…terserah kamu… Buat hari ini menjadi berkualitas. Wake up men….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s