Air Terjun Batu Mahasur 2


Air terjun Batu Mahasur yang terletak di bagian hulu, sekitar 1,5 kilometer dari pusat Kota Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, memiliki pesona alam tersendiri. Selain nikmat pemandangan, pengunjung juga dapat belajar nama dan jenis pepohonan.

Sejuk dan rindang. Apalagi pagi dan sore hari, kawasan sekitar air terjun Batu Mahasur sangat tepat buat rekreasi. Sambil mandi berendam bersama teman atau keluarga, para pengunjung bisa menyaksikan bagaimana indahnya air terjun mengalir dari ketinggian 20 meter.
Kalaupun takut mandi, keindahan alamnya tetap bisa dinikmati sembari duduk-duduk santai di beberapa gazebo yang dibangun di bawah pepohonan terawat rapi. Tak heran, lokasi Batu Mahasur kini menjadi salah satu objek wisata andalan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Gumas.

Bukan isapan jempol, ketenaran air terjun Batu Mahasur sudah lama pula sampai ke Kota Palangka Raya, ibukota Provinsi Kalteng. Nama air terjun ini diabadikan menjadi sebuah nama jalan di kawasan kampus Universitas Palangka Raya.
Selain menikmati pemandangan, para pengunjung juga dapat belajar tentang berbagai nama pohon kayu yang ada di hutan Kalimantan pada umumnya. Karena, semua pohon kayu di daerah Batu Mahasur telah diberi nama oleh pengelola dan pemerintah daerah. Bagi masyarakat atau pengunjung yang kurang memahami nama kayu atau pohon, maka praktis dapat belajar di sini. Semua pohon dinamai sesuai jenis kayu yang tumbuh. Pendeknya, bukan hanya lokasi wisata, tapi juga tempat belajar bagi masyarakat dan para pelajar yang berkunjung. Pohon-pohon yang tumbuh pun dilarang ditebangi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s