BALOGO


IMG_2784

Siang belum begitu tinggi, namun sengatnya aduh ampun, namun keringat sudah membanjiri tubuh para pemain. Padahal lomba belum dimulai. Peringatan dan perayaan hari ulang tahun Kabupaten Gunung Mas ke 11 tahun 2013 akan diramaikan beberapa acara, mulai dari Pawai, Pameran, juga aneka perlombaan dan permainan tradisional khas Dayak.

Sudah menjadi kebiasaan sepertinya, bahwa lomba-lomba diselenggarakan pagi dan siang terik sepertinya. Dan menurut saya point interest yang seharusnya ditunggu kedatangaannya oleh masyarakat menjadi tidak mengena. Sehingga perlombaan seperti ini menjadi hanya sebuah KEBIASAAN saja yang tiap tahun diperlombakan sekenanya, daripada ga ada.

IMG_2771Saya saja selaku pehobi fotografi yang cenderung ingin mengangkat genre adat budaya menjadi agak malas, dimana debu beterbangan, panas menyengat, ditambah mimik muka para pemain cendrung menyerengit menutup mata karena silau.

Mengenai asal usul. Balogo adalah salah satu jenis permainan tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan. Balogo diambil dari kata “logo”, karena permainan itu menggunakan logo. Sampai dengan tahun 80-an permainan ini masih sering dilakukan di kalangan masyarakat Banjar. Namun, dewasa ini sudah mulai tersisih oleh permainan elektronik populer.

IMG_2775Tempat dan Peralatan Permainan. Logo terbuat dari tempurung kelapa. Garis tengahnya sekitar 5–7 cm dan tebalnya sekitar 1–2 cm. Kebanyakan dibuat berlapis dua yang direkatkan dengan bahan aspal atau dempul supaya berat dan kuat. Bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segi tiga, layang-layang, daun dan bundar.

Dalam permainan harus dibantu dengan sebuah alat yang disebut panapak atau kadang-kadang beberapa daerah ada yang menyebutnya campa, yakni stik atau alat pemukul yang panjangnya sekitar 40 cm dengan lebar 2cm. Fungsi panapak atau campai adalah untuk mendorong logo agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain.

IMG_2779aAturan dan Proses Permainan. Permainan balogo dapat dilakukan satu lawan satu atau secara beregu. Jika dimainkan secara beregu, maka jumlah pemain yang “naik” (yang melakukan permainan) harus sama dengan jumlah yang “pasang” (pemain yang logo-nya dipasang untuk dirobohkan). Jumlah pemain beregu minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Dengan demikian, jumlah logo yang dimainkan sebanyak jumlah pemain yang disepakati dalam permainan.

Cara memasang logo adalah dengan mendirikannya secara berderet ke belakang pada garis-garis melintang. Inti dari permaian ini adalah keterampilan memainkan logo agar bisa merobohkan logo lawan yang dipasang. Regu yang paling banyak dapat merobohkan logo lawan adalah yang keluar sebagai pemenang.

Dan, sebagai akhir permainan, pihak yang menang disebut dengan “janggut” dan boleh mengelus-elus bagian dagu atau jenggot pihak lawan yang kalah sambil mengucapkan teriakan “janggut-janggut” secara berulang-ulang yang tentunya membuat pihak yang kalah malu, tetapi bisa menerimanya sebagai sebuah kekalahan.

IMG_2792Nilai budaya. Nilai yang terkandung dalam permainan balogo adalah keterampilan, kerja keras, kerja sama, dan sportivitas. Nilai keterampilan tercermin dari pemasangan logo yang memerlukan keahlian khusus. Nilai kerja keras tercermin  dari usaha para pemain untuk merobohkan logo lawan. Kemudian, nilai kerja sama tercermin tidak hanya di pemasangan logo, tetapi juga tercermin dalam perobohan logo lawan. Dan, nilai sportivitas tercermin dari kerelaan pemain yang kalah untuk di elus-eluas janggutnya oleh pemenang karena aturannya memang demikian.

Kalau sebenarnya boleh usulan, sebaiknya lomba-lomba diadakan sore hari, dimana masyarakat juga dapat menyaksikan, dan masing-masing perlombaan jangan diadakan secara bersamaan, sehingga mampu menyedot penonton lebih banyak. Libatkan pemuda-pemudi baik di tingkat sekolah ataupun karang taruna agar terjadi regenerasi/ tidak punah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s